Sunday, June 10, 2007

seharusnya ujian nasional itu GAK PERLU!

Gimana yaahh…kok gua jadi mikir justru gara-gara yang namanye ujian nasional itu pendidikan kita jadi bukannya tambah baek malah tambah memprihatinkan!
Liat aja deh,
Gara-gara ujian nasional..

Gak sedikit kok yang pada frustasi malah ada yang sampe bunuh diri segala, yang sakit juga banyak…pas hari H lagi!

Gak sedikit dan malah hampir tiap anak itu pasti ngelakuin kecurangan sedikitpun itu! Minimal nanya temen lu sendiri lah…rata-rata juga pada sms-an, kalau nyontek kayanya jarang [iyah..bikin contekannya itu yang nyinyir;p]

[gua?tetep dunk je', teamwork…gimana yah, kalau gua mikirnya,

1] kita kan masuk bareng, kenapa gak keluarnya bareng-bareng.

Kenapa gak kita kerjasama bareng buat nuntasin rintangan terakhir sebelum lulus [amin]? Bayangin deh kalau ada temen sebelah kita sendiri yang ampe gak lulus dan kita lulus, kita juga pasti ikut gimana gitu lah, kesian dia…impiannya ancur/paling gak tertunda gara2 satu kesalahan dalam beberapa jam. Padahal, coba kita bantu dia waktu itu, insya4JJI gak bakal deh itu mimpi pupus!

2] secara gua emang udah enek sama sistem sekolah dan pendidikan endonesa, yah kenapa gak gua ngelanggar aturan yang dibuat sama mereka? Kalau gua mencintai sistem ini, barulah gua akan menghargai ini semua:)

3] sebagian guru-guru manapun pasti banyak yang berpesan pada anak didiknya sebelum ujian,

'Cah…besok kalau ujian itu jangan lupa sama teman seruangan…

Pokoknya saling bantu dan kerjasama untuk memperoleh hasil yang terbaik bersama. Kalau kalian lulus semua, kalian juga senang, sekolah juga senang, nama baik sekolah dan lembaga juga akan tetap baik, Cah..'

So, kenapa gak kita nganut kata guru kita?

Lanjut,

Ujian nasional itu kayanya belum pantes digelar di endonesa ini,
Bole lah misalnya ada ujian secara nasional tapi sistemnya itu jangan begitu. Kalau tiap tahun nilai batas nambah, sedangkan mutu dan kualitas sekolah tetep aja bobrok, bahkan mengalami degradasi, itu kok kayanya nambah beban semua pihak yahh…guru iya, murid jelas, pemerintah ikut.

Mungkin yang ini basi, tapi tetep gua tulis, bahwasanya ujian nasional itu dinilai tidak fair, karena perjuangan anak selama 3 tahun belajar rasanya tidak dihargai dengan hanya ditentukan 3 hari nyeremin itu. Istilahnya, nerima hasilnya doang kagak liat usaha/prosesnya…

Padahal kan faktanya banyak anak2 yang menonjol selama 3 tahun jadi tumbang pas ujian nasional. Bayangin! Dengan mereka gak lulus itu udah bikin mental down. Emang boleh ujian lagi, tapi besok, tahun depan. Jadi musti ngerasain jadi kelas 3 sma lagi, ujung2nya, duit lagi je'…!!!

Kalau mereka anak2 dari keluarga ekonomi lemah, dijamin deh mereka milih jalan pintas pake kawin, kerja ato malah nganggur gak jelas!

Yaiya, mau makan aja susah kok disuruh sekolah lagi, Pak…

Lagi, mata uji UN itu emang gak fair, dengan mata uji matematika [untuk IPA], inggris sama indo itu hanya menguji kecerdasan analitik dan liguistik anak, padahal gak semua anak cerdas itu pinternya di bidang itu, kecerdasan itu macem2 loh je'…mulai spatial sampe verbal, macem-macem lah…orang pinter itu gak terus yang pinter matem doang!

Makanya, sistem pendidikan kita ini gak bikin kreativitas anak berkembang sehingga anak bisa menemukan kelebihan dirinya dimana. Jauh dari itu, system pendidikan kita lebih banyak mendikte anak dengan macam-macam hal yang bikin memori otak penuh tapi menuh-menuhin doang!

Tunggu deh kalau sekolah impian saya sudah jadi, hehe :)
[heh! gak baek din, bikin janji yang belum jelas barangnya bakal ada atau gak…he:D]

Well,
Kalau kondisi ini terus dipertahankan, sumpe de itu pendidikan kita +ancurrrrrr!
Ayolah mikir yang dikit realistis gitu kek, Pak…jangan cuman pengen keliatan [sok] berpendidikan jadinya malah mencetak generasi yang gak ngerti hakikat pendidikan itu sendiri:)

Jangan terus jadikan kami kelinci percobaan,
Sumpe de Pak, kita kagak ada keturunan gen dari kelinci kok…beneeeer…sumpe!

No comments:

the photograph

3..2..1...ACTION!!!

3..2..1...ACTION!!!

Bromo.. akhirnya!! Semeruu.. tunggu saiaa!! hehhe..

LOST IN JOURNEY?? hehhe..

kinder von germany

kinder von germany
[kiri-kanan] Ole, Rheinal, Daniel di sebuah taman di Berlin. Ole is Rheinal's best friend in Germany^_^

looking for future^^ *full of imagination*

looking for future^^ *full of imagination*

hahha just paper o' mine^_^

hahha just paper o' mine^_^

i am the star *hahha=p*

i am the star *hahha=p*