Monday, August 4, 2008

Backpacking at East Java #Day 1


tas backpack saya-cophe.. LETS TRAVEL!!


Kamis, 31 Juli 2008
Day #1 : Surabaya, asik juga ternyata..


bersama patung sura-baya


Hwaaa.. lama tidak ngepost.. kemarin2 travelling mulu sii jadi gg ada waktu buat posting hehhe.. Well, kali ini saya pengen share perjalanan saya selama 3 hari *untuk selamanya hehhe* yang bener2 backpacking dah!! Secara saya cuman sama cophe dan kami bener2 pengen melakukan perjalanan ala backpacking *ngirit memang asik ^^* Anyways.. let’s go to our 1st day!!


Well.. perjalanan kami mulai dari terminal Kudus, jam 6 kami akhirnya dapet bis ekonomi ber-merk WIDJI dengan rute Kudus-Surabaya seharga 35.000, waw.. ajib gag tuh.. ke Surabaya cuman 35ribu!! Hehhe.. kami pun melewati *secara singkat yak, beberapa kota aja yang disebut*.. Pati-Juwana-Rembang-Tuban-Babat-Lamongan-Pandaan-Gresik dan.. akhirnya SURABAYA!! Kami pun tiba jam 12.30 di terminal Bungurasih Surabaya *bener kan yak Bungurasih??* dan kami langsung menuju masjidnya untuk sholat dzuhur.. usai sholat saya lalu mengkontak si Iruel, temen SD sama SMA saya yang sekarang kuliah di Teknik Elektro ITS. Kami pengen transit sebentar di Surabaya sebelum ke Malang jadi bertanyalah kami padanya enaknya jalan-jalan di Surabaya tuh kemana ajah?? Dia pun merekomendasikan Bonbin, Tunjungan Plaza, Cito (City Of Tomorrow), Kulineran di Jembatan Merah, tapi karena waktu kita cuman dari siang-sore, kami pun memilih beberapa tempat saja. Sebelum kami jalan lagi, kami sempat makan siang dulu di terminal, kami memilih pecel dan es teh.. kalau gag salah harganya 4.000an.. Oiya.. Iruel sempet bilang gini, “Km jangan kaget kalau udah di Surabaya, panasnya like the hell, makanya orang Surabaya suka ngomong kasar, jangan kaget kalau pada misuh2”, Hehhe.. dan kami setuju dengan dia!! Masa kita turun dari terminal tadi.. Bbeuhh!! Panasnya menggilaaaaaaaa.. rasanya lebih panas dari Semarang!! Hff.. Dan sebelum kita naik bis, masa kita ngeliat ada dua bapak2 berantem di depan warung makan pecel tadi.. Gilakk.. Surabaya memang kota kriminal hahha kami lalu segera beranjak mencari bis sebelum rame orang2 di tempat berantem ini.. terlihat ibu-ibu penjual di warung tadi ikut melerai bapak-bapak yang berantem tadi..


Dari terminal yang memang kami akui bagus.. hehhe siaal.. terminal Semarang kalah jauh nih.. terminal Surabaya tuh udah bersih, gede, gampang nyari bis karena banyak petunjuk arahnya, udah gitu modelnya kaya bandara gituh.. lalu kami mencari bis yang dituliskan Iruel lewat sms, “Darmo-TP” dan dapatlah kami bis itu dengan mudahnya, akhirnya kami naik bis Damri itu dengan membayar 4.000 *tarifnya sama kaya di Semarang, jauh-dekat 4.000*..


Kami lalu diturunkan di terminal angkot deket Bonbin.. kami lalu jalan menuju Bonbin dan begitu sampai di Bonbin, sudah ada Iruel disitu menunggu kami datang.. Hwaa.. rasanya senang sekali kami tidak sendirian di kota metropolis ini.. setelah basa-basi sebentar, kami lalu berfoto di depan patung Sura dan Baya depan Bonbin.. Hohhoho.. kata Iruel, belum ke Surabaya kalau belum foto bareng ikon Surabaya ini hehhe.. karena kami memang gg minat masuk bonbin lalu kami melanjutkan perjalanan dengan naik angkot menuju Tunjungan Plaza *TP*!! Angkotnya 2.000 dan kami turun di depan TP.

Oiyaa.. sebelumnya kami sempat lewat taman yang ada tugu pahlawan yak?? Sama museum Mpu Tantular.. kami pun bernarsis ria disana hehhe Fyi, kata Iruel.. hampir semua taman di Surabaya sudah dilengkapi dengan hotspot.. Anjrit. Coba semarang kaya gituu T__T



irul: pahlawan di kota pahlawan gyahaha..

Begitu masuk TP, kami berasa ingin mengumpat-umpat Semarang terus menerus hehhe.. gimana engga, tadi terminalnya udah kalah jauh.. sekarang mall-nya.. Bbeuuh.. gg usah dibandingin sama TP, mall-mall di Semarang mah gg ada yang segede dan sekeren serta selengkap TP!! Hehhe.. di TP, semua brand kebanyakan punya store sendiri. TP yang berlantai 5 ditambah basement 2 lantai ini juga punya Starbucks dan diatasnya persis ada Excelso, Bbeuhh.. kapan Semarang punya Starbucks?? Semoga aja segera dibuka di Semarang.. Saya masih heran sampai sekarang, kenapa di Semarang gg ada store Starbucks?? Padahal orang-orang Semarang juga pada suka ngopi, terbukti Buket Coffee *Starbucks-nya Semarang hehhe* rame sangat setiap hari.. Hmm.. saya sama cophe sebel ngeliat TP yang begitu lengkapnya.. ^^



Tunjungan Plaza..


Lalu lalu.. dari TP kami nyebrang di jembatan penyebrangan dan kami berada di sebelah kawasan kota lama Surabaya *dulunya*, btw kami sempat melewati beberapa pedestrian Surabaya yang memang keren dan bersih serta jauh dari Pedagang2 kaki lima.. beda jauh dengan Semarang, bukan?? Ah.. semakin sebel saya dengan Semarang.. bahkan di kawasan bisnis Surabaya-nya, pedestriannya lebar sangat dan bagus.


Pedestriannya lebar dan nyaman..


Begitu angkot TP-Sidoarjo datang, kami langsung naik. Where we’ll go?? Kami akan menuju Lumpur Porong Sidoarjo sebelum nanti naik bis ke Malang dari Porong hohho sudah tak sabar kami ingin melihat dari dekat lumpur porong yang dahsyat itu.. Ternyata.. angkot ini cuman mau sampai Sidoarjo saja padahal kan tulisannya sampai Porong tapi karena sudah sore dan macetnya masyaallah tuh jalan dari Surabaya-Sidoarjo, kami akhirnya turun di Sidoarjo dengan membayar angkot dengan harga yang lumayan mahal: 8.000 per orang. Kata Iruel lagi, kawasan ini memang kalau jam-jam sore seperti ini selalu macet *pada saat itu jam5an*, ini karena jalan tol Porong kan ditutup gara2 kena bencana lumpur itu, akibatnya mobil-mobil juga pada lewat sini dan jam-jam pulang kerja seperti sekarang ini pastilah semua kendaraan tumplek-blek disini.. Bbeuh!!


Begitu turun di Sidoarjo, kami langsung dapat angkot lagi menuju Porong.. harganya 3.500 dan kami diturunkan di depan kawasan lumpur Porong!! Waw, pertama kami turun sudah disambut dengan bau yang lumayan menyengat, seperti bensin gituh.. kami juga disambut dengan para pemain PSIS Semarang yang kebetulan juga lagi liat lumpur porong cuman sayangnya, mereka pulang kami baru datang, hehhe..


Naiklah kami ke tanggulnya dengan membayar 2.000 yang kata mas2nya bantuan untuk warga Porong. Begitu sampai diatas, kami tak bisa berkata apa-apa menatap kedahsyatan alam yang juga peringatan dari Sang Maha Kuasa ini.. kami menatap rumah yang hanya kelihatan atapnya saja karena terkubur dalam-dalam oleh lumpur.. pohon-pohon yang sudah tak hidup lagi, kami juga melihat semburan lumpur dari dalam tanah yang kelihatan jelas sekali masih menyembur keluar.. agak jauh kami melihat asap yang terus keluar dari sebuah bangunan.. kami ditawari VCD buatan Karang Taruna warga sekitar mengenai lumpur porong ini seharga 25.000, kami tentu saja tak membelinya.. ingat, kami hanyalah backpacker, gyahhaha..!!




Jalan naik ke tanggul porong (Gayamu, Rul.. hahha)



finally i see lumpur porong Sidoarjo..


Usai puas mengabadikan lumpur porong ini dengan kamera dan handycam, kami lalu turun ke bawah, hari sudah mulai petang, sayup-sayup terdengar adzan maghrib dan kami harus berpisah dengan Iruel karena kami harus segera menuju Malang.. Bromo.. I’m Comiiing...!!! ^___^


Perjalanan Sidoarjo-Malang kami tempuh kurang lebih 1,5 jam dengan bis ekonomi seharga 5.500 dan kami turun di terminal Arjosari Malang sesuai petunjuk Mas Dayat. Siapakah mas dayat?? Yak, dialah yang nantinya akan menjadi pahlawan kami di Malang hehhe.. kalau kemarin di Surabaya Iruel sudah menjadi pahlawan di kota pahlawan, sekarang gantian mas Dayat hehhe betapa beruntungnya kita menemukan orang-orang seperti mereka hahha.. ^^


Ada kesialan yang terjadi disini.. pertama HP si cophe ngedrop mati batreinya habis. Waduh.. tinggal HP saya nih, padahal batreinya tinggal 1 garis. Untungnya saya cepat menulis nomer HP mas Dayat di kertas peta kita *Hahha iyaa.. kita membawa peta jawa timur lho!!* karena beberapa menit setelah itu, HP saya juga ikut-ikutan mati. Anjrit.


Kami menghubungi mas Dayat lewat wartel setelah pipis di toilet dan bayar 1.000 hehhe kebelet guys!! Kami pun disuruh mas Dayat nungguin di pintu utama yang ada peron-nya.. baiklah kami mencarinya dengan tanya-tanya dan akhirnya kami menemukan pintu utamanya *maklum, malam-malam gelap guys..*. Ternyata mas Dayat dan adiknya yang bawa motor untuk menjemput kami itu lamaaaaa sekaliiiiiiii.. terakhir akhirnya kami tahu mengapa mereka lama, karena memang Turen-Terminal Arjosari itu sumpah lumayan jauh juga..


Begitu mas Dayat datang, kami legaa. Akhirnya kami menuju Bromo..!! *pikir kami waktu itu* namun, apa yang terjadi?? Setelah menempuh perjalanan dari terminal yang duingiinnyyaa masyaallah itu kami justru berhenti di depan sebuah rumah. Kami bingung, bukannya kami mau ke Bromo langsung malam ini?? Karena rencananya, kami malam ini mau nginap di homestay Bromo sambil menunggu sunrise dan begitu turun dari Bromo paginya kami langsung menuju Pulau Sempu dan pulaaang!! Begitu rencana awalnya.


Dan kami disuruh duduk dulu sama mas Dayat.
Masih bingung.
Kemudian mas Dayat menjelaskan..
Ternyata ini rumahnya mas Dayat dan keluarga hehhe bodohnya kami baru menyadarinya.. dia bilang, gg bisa nganter ke Bromo malam ini karena ada musibah, neneknya yang di Leces, Purbalingga meninggal dunia *Innalillahi Wa’inna ilaihi roji’uun* jadi baru bisa nganter kami besok malam. Kami pun harus bermalam di tempat mas Dayat dulu.. Hff.. jadi gg enak..


Kami lalu diberi bakso sama teh anget *Hmm.. maknyus banget tuh!! Di tempat sedingin ini.. Brr..* kami berkenalan sama keluarganya mas Dayat, ada mas Dian yang juga jemput tadi itu adeknya mas Dayat yang kuliahnya tinggal nyusun skripsi, dia ini anak PA (Pecinta Alam) sejati di kampusnya, tiap sebulan sekali pasti nggunung. Semeru?? Udah sering dia.. Bromo?? Apalagi.. Huhhuw.. jadi ngiri kalau diceritain cerita2 seru dia.. apalagi dia sudah pernah ke Pulau Sempu yang cuman 1 jam dari rumahnya ini.. Hwaa.. dia seminggu tuh nginep di Sempu sama temen-temennya. Lalu dikenalin sama Mbak Eva, adiknya mas Dayat yang cewek satu2nya, baik banget ni orangnya.. Bapak-Ibunya mas Dayat yang masih seger buger dan keponakannya mas Dayat dua orang cewek2 semua yang agak malu-malu hehhe.. itulah penghuni rumah mas Dayat ini..


family of mas dayat.. thanks so much!!


Kami sholat dulu sebelum tepar di kasur dan gilaaaaakk.. pas wudlu, kami berasa pake air es!! Duingiinnya minta ampuun!! Kami tentu saja gg mandi.. Brrr... T__T kontras sekali dengan Semarang yang panasnya minta ampun!!

Lalu kami pun tepar dengan indahnya.. Zzzz... tanda kalau kami benar2 capek sangaatt!! Hmm.. mau tahu apa yang kami lakukan besoknya?? See the next Posting!! Yippiiee..



1 comment:

Ndrie said...

wah, kayaknya enjoy banget yaa.. bekpeking ke sempu jg brur. hehehe...
lbh aseeek :)

the photograph

3..2..1...ACTION!!!

3..2..1...ACTION!!!

Bromo.. akhirnya!! Semeruu.. tunggu saiaa!! hehhe..

LOST IN JOURNEY?? hehhe..

kinder von germany

kinder von germany
[kiri-kanan] Ole, Rheinal, Daniel di sebuah taman di Berlin. Ole is Rheinal's best friend in Germany^_^

looking for future^^ *full of imagination*

looking for future^^ *full of imagination*

hahha just paper o' mine^_^

hahha just paper o' mine^_^

i am the star *hahha=p*

i am the star *hahha=p*