Thursday, July 23, 2009

Indonesian scream aloud: KAMI TIDAK TAKUT!! (antara bom dan borobudur international festival)






eksotisme borobudur dan international festivalnya yang megah! :)

Dua hal baik dan buruk terjadi bersamaan. Ironis.

Jumat 17 Juli 2009 kemarin, pagi-pagi saya bangun seperti biasa mengecek HP dan membuka facebook. Saya langsung terperanjat kaget melihat semua status di update bernada sama yang intinya ada bombing di hotel Ritz Carlton dan JW Marriot. Saya yang waktu itu tidur di kamar Assa, langsung mencari Assa dan memberitahu berita ini, kami langsung duduk di depan televisi. Sigh.. ternyata benar, Indonesiaku di bom lagi :(

Padahal, hari itu saya sedang berada di rumah Assa di Magelang, sejak tanggal 16 kemarin kita berangkat dari Semarang-Magelang. Saya numpang di rumah Assa (kebiasaan backpacker :D) dan kami memang berencana mau dating ke Borobudur International Festival (BIF) yang berlangsung 16-20 Juli 2009. Usai mandi *sumpaaaah dinginnya nauzdubillah ini di daerahnya Assa di Grabag!* dan sarapan kami berangkat naik bis menuju Borobudur, di perjalanan kami masih membicarakan tragedy bombing pagi ini. Sesampainya di terminal Borobudur setelah kurang lebih satu jam, kami naik andong menuju pintu masuk Borobudur. Sebenarnya BIF dilaksanakan di belakang Candi Borobudur jadi kalaupun kami tidak masuk lewat pintu utama menuju Borobudur yang bertarif Rp 12.500 ini dan memilih lewat pintu masuk BIF yang gratis pun bisatapi sayangnya kami gg tahu kalau pintu BIF ada di sisi yang lain. Okelah, gppa.. toh udah lama gg ke Borobudur nih :D

Waaaah.. ternyata gg rugi masuk Borobudur, kami asik foto-foto di dalem. Ketemu banyak douglas-douglas *sebutan kami pada para bule hahha* dari macem-macem bentuknya hehhe.. dan kami pun beruntung diajak ngobrol-ngobrol sama 3 bule prancis yang akhirnya bertukar facebook juga hehhe.. kebetulan saya sama Assa belajar prancis di kampus jadi yaaah sedikit-sedikit praktek sama mereka, Bonjour Madame.. hehhehe.. tapi percakapan kami lebih sering pake bahasa Inggris. Kadang mereka bergumam sendiri dengan bahasa prancis yang bikin saya sama assa iri.. keren banget siihhh aksen prancis merekaaa.. fasih bangett.. *yaiyalah secara mereka orang prancis! :D* tapi tak mau kalah, saya juga ngomong bahasa Indonesia dan jawa sama Assa, bikin mereka iri juga hahahah.. :p

Kami ngobrol mungkin hampir satu jam hingga kami harus berpisah karena saya sama Assam au sholat dzuhur. Mereka sempat ngomong Indonesia itu indah. Apalagi saya kebetulan pake kaos “VISIT INDONESIA” saya, mereka semakin antusias pengen tahu tentang semua daerah di Indonesia. Tidak lupa saya mempromosikan Kudus. Mereka dengan kagok melafalkan: Jenang, Kota Kretek, Djarum, Menara Kudus, dll. Hahahah.. kami juga dikerjain suruh baca buku travel guide ke Indonesia mereka yang dari bahasa prancis, kami saling tepuk tangan kalau masing-masing kita benar melafalkan bahasa kita hahah.

Yaaa.. Indonesia memang indah sekali, kawan! Pantas saja si Noordin M Top dari Malaysia itu masih berambisi bombing Indonesia, iri mungkin dia sama keindahan negara kita.. Tidak ada keindahan alam yang sekaya negara kita, kawan :)

Usai sholat kami masuk ke pintu menuju panggung dan expo BIF. Masuknya gratis tentunya. Saya sama Assa menelusuri expo wisata, investasi, dllnya dulu di ruangan gede di kanan kiri panggung yang juga guedenyaaaa! Tapi kata Depe: 11-12 kok din sama metamorphoedsa! Hahahah.. depe.. depe.. :D

Saya antusias menyaksikan exponya meskipun cuman ngambilin brosur dan gg beli apa-apa hehhe.. brosurnya maknyus2 cuy! Hampir semua keindahan Indonesia ditampilkan di expo ini, daerah-daerah (kota) potensial di Indonesia ditampilkan disini. Mulai dari Kudus sampai Papua ada! Di stand Kudus tentu saja ada jenang, lalu fosil-fosil yang ditemukan di Patiayam, dan juga brosur-brosur tentang Menara Kudus, dll. Di stand Jawa Timur misalnya, saya dapet peta dan buku guide di Jawa Timur! Banyaaak banget lah brosur yang saya kumpulkan sama Assa. Hampir semuanya tempat wisata di berbagai wilayah di negara ini. See.. betapa kayanya negara kita :)

Saya suka semua brosurnya! Saya simpan semuanya dan berharap bisa backpacking ke semua tempat yang saya koleksi brosurnya itu hehhe.. amiiin.. :)

Lalu usai puas mengelilingi dua gedung stand-stand kami lalu duduk di paling depan dekat panggung yang tinggi itu. Kami menyaksikan penampilan seni dari bermacam-macam daerah.. banyak juga bule-bule yang terpana menyaksikan megahnya panggung oleh performing art yang beragam itu. Borobudur International Festival pun gg cuman diikuti dari Indonesia saja tapi negara lain seperti Spanyol, Venezuela, India, Thailand, Singapura, Korea, Filipina, dll juga mementaskan performing art mereka di atas panggung, kebanyakan pertunjukan asing dipertontonkan malam hari. Keren kan? :D

Nah, pada saat saya menyaksikan performing art inilah, saya membuka facebook dan melihat lagi notes dan status berkaitan dengan bombing pagi ini.. hati saya miris. Ironis rasanya, saya disini bersama orang-orang dari Indonesia maupun asing yang khusus datang untuk sebuah perhelatan megah Borobudur International Festival sedang mengagumi keindahan dan keragaman budaya Indonesia tetapi di Jakarta sana, langit sepertinya mendung menahan duka atas bombing yang terjadi pagi ini. Ironis sekali. Dua hal yang terjadi bersamaan. Dan saya yakin para fans Red Devils seperti saya lebih merasa teriris hatinya mendapati kabar bahwa si Manchester United itu gg jadi ke Indonesia gara-gara bombing dan mereka tinggal lebih lama di MALAYSIA!!! Gosh.. hati saya sakit. Disakiti oleh para teroris itu. Saya ingin menangis rasanya di depan panggung yang sedang mempertunjukkan Jathilan dan dilanjutkan dengan Barongsai serta tarian lainnya. Tetapi.. tiba-tiba ada sesuatu yang menyengat di hati saya.. Heyy.. Di saat sedang terjadi bencana yang rasanya akan membuat Indonesia kembali dipandang sebelah mata dan ditakuti padahal setahun kemarin kita telah sukses membangkitkan nama Indonesia melalui program VISIT INDONESIA-nya, yaa disaat terjadi bencana menyedihkan itu.. di kota Magelang ini, di Borobudur, mereka tidak takut tetap mempertunjukkan dengan bangga budaya kita dan kita yang menonton, serasa memiliki perasaan senasib yang sama. Inilah Indonesia kita.. dan aku terharu menyaksikan semua pertunjukan di atas panggung itu sambil masih membayangkan tragedy bombing tadi pagi. Sungguh dua hal berlawanan yang terjadi bersamaan. Ironis!

Maka lewat tulisan ini, siapapun yang sempat membacanya, saya ingin meyakinkan kalian, jika kalian orang Indonesia.. mari kita bersatu.. bergandengan tangan menguatkan negara kita yang tidak pernah luput dari cobaan demi cobaan. Tuhan memberi semua cobaan itu semata-mata hanya untuk membuat kita lebih kuat karena jika tidak ada cobaan-cobaan itu, darimana kita belajar untuk memperbaiki diri dan negara ini? Jangan pernah takut pada setiap hal buruk yang menimpa negara kita. Yang perlu kita lakukan hanyalah bersatu mengokohkan negara ini dengan cara kita masing-masing dan teriakkan pada mereka: KAMI TIDAK TAKUT!!

And if you are a foreigner, I just want to make sure that don’t ever feel afraid to visit my country Indonesia! That kind of bombing or whatever doesn’t make us become weak and worst. Indonesia still beautiful, every mountain, beach, sea, island, places that we have still worth to be visited and you’ll regret if you’re not visit Indonesia :)

Buat kalian semua juga guys.. ayo dong jangan cuman diem di kandang sendiri. Beranikan dirimu untuk melihat Indonesia dari pulau ke pulau, dari pantai ke pantai, dari kota ke kota, dari gunung ke gunung atau apapun bentuknya.. saya yakin itu akan menumbuhkan rasa nasionalisme, rasa cinta kalian terhadap negri ini! Saya telah membuktikannya, meskipun belum semua daerah di negri ini saya kunjungi, tapi suatu saat.. I Will! :) Backpacking telah benar-benar mengubah cara pandang saya terhadap negri ini dan orang-orang di dalamnya. Menjadi backpacker menjelajah Indonesia adalah suatu kenikmatan tersendiri untuk mencintai negeri ini. Oke, itu bukan satu-satunya cara untuk menumbuhkan rasa cinta pada negri ini, tapi percayalah padaku ini cara yang menyenangkan untuk mengenal Indonesia karena seperti taglinenya: kenali Indonesia, cintai Indonesia. So.. ada yang mau gg nih join sama saya Insyaallah 15-17 Agustus nanti menjelajah Karimunjawa? Hohhoho.. gg jadi upacara di Mahameru, Karimunjawa pun jadi.. :D

Hmmm.. buat temen-temen Sastra Inggris 2007, gg sabar rame-rame fieldtrip 31 Juli-7 Agustus nanti ke Bali Lombok.. Mari kita bersama-sama mencintai negri ini dengan melihat keindahan dua pulau eksotis itu hehhe sekali lagi, jangan pernah takut kawan! Bersatulah Indonesiaku!!! :)


PS. Maaf yahh yan,cha,dhor.. kalau sering primodialisme antara Kudus dan Demak hahahah itu semata-mata cuman bercanda kok dan gg serius.. aku cinta Indonesia dengan seluruh wilyahnya, no doubt! :)

No comments:

the photograph

3..2..1...ACTION!!!

3..2..1...ACTION!!!

Bromo.. akhirnya!! Semeruu.. tunggu saiaa!! hehhe..

LOST IN JOURNEY?? hehhe..

kinder von germany

kinder von germany
[kiri-kanan] Ole, Rheinal, Daniel di sebuah taman di Berlin. Ole is Rheinal's best friend in Germany^_^

looking for future^^ *full of imagination*

looking for future^^ *full of imagination*

hahha just paper o' mine^_^

hahha just paper o' mine^_^

i am the star *hahha=p*

i am the star *hahha=p*