Friday, July 27, 2007

say NO to PLASTIC, please...

Teman,
Menyebalkan sekali rasanya setiap hari kita semakin terpanggang bila harus berjalan, atau mengendarai kendaraan terbuka di bumi kita sendiri.

Udah tahu kan soal global warming yang semakin dikoar-koarkan akhir-akhir ini, padahal sebenarnya istilah global warming ini sudah ada sejak sekitar 20tahun yang lalu, tetapi beginilah manusia, ketika dampak dari istilah itu sudah kerasa, barulah mereka mengerti dan mengenal apa itu global warming. Atau justru ada yang ketika membaca tulisan ini masih bertanya apa itu global warming? Damn! Kalian kemana ajah???!!!:O

Ok.
Kalau kalian udah pada tahu, apa kalian udah ngelakuin sumthing buat ngurangin dampak
global warming itu? Hehe, jujur ajalah…kalian pasti cuman ngerti aja apa itu global warming, abis itu cuek, gak ngapa-ngapain seolah urusan bumi yang kian memanas itu bukan campur tangan kalian.

"Pemerintah buat apa? Terus, lembaga-lembaga atau LSM-LSM yang bergerak di bidang lingkungan hidup itu buat apa? Greenpeace….itu buat apa?"

Itu yang ada di pikiran kalian?
Damn! Kalian sadar gak sih idup dimana? Kalau kalian ada di Mars, Ok, gak apa-apa sok cuek gitu. Kita tuh di sini, di tempat yang kian memanas, pengen meledak tapi kiamatnya belum datang, jadi deh, mati segan idup sengsara:O

Jangan pernah kalian pikir hanya dengan berbuat hal yang amat kecil itu tidak bisa merubah dunia, buang jauh2 pikiran itu, teman. Seorang anak kecil yang hanya berbuat kecil untuk tugas sebuah ilmu sosialnya saja bisa mengubah dunia dengan 'PAY IT FORWARD'-nya, meskipun ini dalam film, tapi dari film ini Oprah Winfrey kemudian menjadikan film ini kenyataan dengan membuat program Pay It Forward, see…?!

Kalian tahu, justru dari hal-hal yang teramat kecil itulah semuanya bermula. Hal-hal yang besar justru bermula dari hal-hal yang kecil dan sederhana.

Nah, lewat tulisan ini, aku ingin mengajak kalian untuk melakukan hal yang teramat kecil ini, tetapi jika kita lakukan bersama dan kalian mengajak orang lain juga, orang lain itu akan mengajak orang lain lagi [ujung-ujungnya 'Pay It Forward' deh…hehe:D]

Gimana? Mau? [emang iklan tri[3]?hehe:D]
Jadi gini, gerakan ini bernama NOPE. Cukup disingkat begitu saja sedangkan kepanjangannya inilah yang menjelaskan semuanya :
No Plastic Please!

Yup, gampang sekali, kalian tinggal say NOPE pada orang-orang yang ngasih kalian plastik. Misalnya kalian ada di kasir sebuah toko buku, mulai sekarang jangan pernah bepergian tanpa membawa tas. Bawalah setidaknya tas jinjing kecil untuk menyimpan barang yang nanti akan kalian beli. Di toko buku ini misalnya. Kalian tinggal bilang,

"Nggak usah diplastikin, Mbak/Mas/Pak/Bu/dll…"

Tetapi biasanya, kasir yang terlatih, professional, gak pelit dan baek hati pasti akan menjawab, "Ah, Gak apa-apa…" karena dia belum tahu maksud penolakan kita pada plastiknya. Ini justru kesempatan bagus, teman…

Jawab aja,

"Beneran, udah bawa tas kok, lagian plastik tuh bikin sampah numpuk aja, Mbak/dll… ntar tambah panas nih mbak, buminya, hehe…"

Atau kalian bisa menjawabnya dengan kalimat yang lebih enak didengerin dan jangan lupa senyum, kesannya kaya bercanda aja, jadi si Mbak/Mas/dll itu gak akan tersinggung karena tahu maksud baik kita.

Ada yang berminat mengelola gerakan NOPE ini bareng-bareng?

Sapa tahu kita bisa bikin greenpeace kecil-kecilan^_^ ntar kita meluaskan gerakan kita ini pake PIN, dll yang intinya say : NOPE! [ugh, keren gak tu!^^], asal tahu, di Jakarta sendiri sudah ada gerakan bernama CYS [Change Your Self] yang eksis melawan polusi di Jakarta dan mempunyai misi Peduli udara bersih.

Mungkin ada yang bertanya,

"Kok cuman gitu doang gerakan buat ngurangin global warming-nya, Din?"

Ya, kan udah dibilang tadi, kita mulai dari hal-hal yang kecil, hal-hal yang sederhana dan kelewat gampang tetapi kadang kita menyepelekannya dan kita mulai dari diri sendiri, sekarang! Nanti kalau kita udah terbiasa dengan NOPE ini, baru deh kita biasakan lagi hal-hal kecil lainnya yang intinya fight against global warming!

Ohya, mungkin ada yang belum ngeh, kenapa plastik??

Karena damn thing called plastik ini, mau didaur ulang jadi apapun, kan akan tetep berbahan baku plastik, nah…di tempat pembuangan akhir, plastik ini gak akan pernah bisa menyatu dengan tanah, mau nunggu berabad-abad tahun pun, damn thing ini akan tetep tertimbun di dalam tanah, gak bisa menyatu seperti halnya kotoran kerbau, misalnya, yang bisa dimanfaatkan untuk tenaga alternatif semacam biogas.

Jadi si plastik ini istilahnya akan berakhir dengan 'nyampah' aja di bumi, konsentrasi tanah pun jadi tidak berimbang dengan kedatangan tamu tak diundang ini. Secara tidak langsung dengan 'nyampah'nya plastik ini akan memperlancar perjalanan si global warming dalam usahanya menggodok bumi kitaT_T

Meningkatnya suhu permukaan bumi akan mengakibatkan adanya perubahan iklim yang sangat ekstrim di bumi. Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya, sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer. Pemanasan global mengakibatkan mencairnya gunung-gunung es di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut. Efek rumah kaca juga akan mengakibatkan meningkatnya suhu air laut mengembang dan terjadi kenaikan permukaan laut yang mengakibatkan negara kepulauan akan mendapatkan pengaruh yang sangat besar!!!

So guys, kenapa engga kita mulai dari hal kecil ini?
No Plastic Please…^_^

[dini]
yang udah minta maap sama nenek moyangnya plastik karena ngebuat gerakan memusuhi plastik-plastik di bumi, hohohoho:D

No comments:

the photograph

3..2..1...ACTION!!!

3..2..1...ACTION!!!

Bromo.. akhirnya!! Semeruu.. tunggu saiaa!! hehhe..

LOST IN JOURNEY?? hehhe..

kinder von germany

kinder von germany
[kiri-kanan] Ole, Rheinal, Daniel di sebuah taman di Berlin. Ole is Rheinal's best friend in Germany^_^

looking for future^^ *full of imagination*

looking for future^^ *full of imagination*

hahha just paper o' mine^_^

hahha just paper o' mine^_^

i am the star *hahha=p*

i am the star *hahha=p*