Wednesday, July 16, 2008

Anda bingung mau kuliah jurusan apa??

Adek saya yang barusan menginjak kelas 3 SMA (Fela) mulai bingung mencari jurusan yang tepat untuk kuliahnya nanti.. Jadilah dia browsing2 di Internet.. trus tadi saya ikut baca ada tulisannya Muchammad Fathonezic disini dan saya merasa terusik.. mengapa dia menulis semua jurusan recommended-nya dari eksak semua.. yah mungkin dia orang eksak kali yaa jadi ya agak subjektif menilainya hohho..


Nah, karena saya merasa terusik (sekaligus terinspirasi ^^), saya pengen membuat recommended major college dari bidang non eksak.. padahal saya lulusan IPA lho tapi anehnya sama sekali tak tertarik masuk jurusan eksak seperti teman-teman saya yang masuk ke Fakultas Tehnik, Kedokteran, Farmasi, dll.. sama sekali saya tak berminat sejak awal.. bahkan cita-cita saya sejak kecil juga bukan menjadi DOKTER atau ARSITEK seperti kebanyakan anak kecil tetapi menjadi Astronot hahha.. iya sih itu masuk eksak tapi maksud saya bukan cita-cita standar anak kecil hehhe.. trus cita-cita saya yang lain waktu kecil itu pengen jadi wartawan (sekaligus penulis) sama jadi dubes yang bisa jalan-jalan terus ke luar negri (bayangan saya waktu kecil dulu hehhe)


Anyway..
This is my recommended jurusan kuliah buat kalian-kalian lulusan IPS/BAHASA atau IPA juga boleh.. kalau kalian masih bingung2 mencari cita-cita kalian (cita2 kok dicari ^^), bolehlah kalian baca-baca sebentar rekomendasi saya di bawah ini.. semoga membantu.. (maaf kalau agak subjektif, namanya juga pendapat individu.. mungkin anda punya pendapat lain ya silakan.. hehhe) apalagi saya masih kuliah dan belum bekerja jadi ini cuman sok tahu-sok tahu-nya saja saja hahha.. ^^’


1. SASTRA INGGRIS

Hehhe.. ini bukan gimana-gimana.. iya sih emang itu jurusan saya tapi saya akan coba menuturkan mengapa jurusan ini saya rekomendasikan secara objektif.. bukan Cuma dari prespektif saya sajah.. ^^’ Dan semuanya bisa anda baca di tulisan saya yang ini.. lengkap dah disitu!! Baca sajah yak!! Terimakasiii..


2. KOMUNIKASI

Waah.. jurusan yang asik nih.. (buat saya sih hehhe), di dalamnya bakal mempelajari hal yang berbau media (cetak, televisi, radio, dll) dan nanti akan dijuruskan menjadi bermacam-macam bidang lagi seperti Jurnalistik, Pemasaran, Periklanan, dll.. sekarang ini industri media semakin berkembang pesat, di Semarang sendiri agensi-agensi atau media-media cetak, elektronik semakin banyak dan tentunya ini membutuhkan lulusan komunikasi. Tapi persaingannya juga makin ketat hehhe..


3. HUBUNGAN INTERNASIONAL (HI)

Gag enaknya jurusan ini bacaannya bikin eneg terkadang (bagi sebagian orang sih hehhe), baca buku-buku tebel berbau politik, dll.. Kalau yang suka mah asik2 aja tapi kalau yang enggak pasti bakal eneg hehhe.. di jurusan ini bakal diajarin berdiplomasi, berpolitik, dsb yang akan dibutuhkan ketika kita menjalankan hubungan internasional dengan negara lain.. peluang kerja?? Bisa di DEPLU dan kalau beruntung bisa direkomendasikan sebagai DUBES.. waah saingan ni ma sastra inggris/asing lainnya hohho.. kemudian bisa juga jadi wartawan lho.. di internasional juga bisa levelnya.. waah beneran dah hampir sama kaya sastra inggris.. biasanya orang yang milih sastra inggris juga kepengen di HI dan begitu juga sebaliknya..


4. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL / DESAIN INTERIOR

Sudah pasti ini kerjaan asik tapi melelahkan hehhe.. kerja di industri kreatif memang seru dan penuh tantangan.. kerja yang tidak pernah membosankan (menurut pandangan saya!! Hehhe) karena mata dan pikiran kita dimanjakan dengan hal-hal yang berbeda dan ini berhubungan dengan seni yang pasti enak dipandang mata hohho..

Sekarang ini sudah banyak sekali industri yang bergerak di bidang desain.. tinggal pandai-pandai mem-brand agensi anda saja hohho..


5. EKONOMI (AKUNTANSI, MANAJEMEN, DSB)

Sudah rahasia umum fakultas ini prospeknya bagus tapi gag semua lulusannya juga sih.. tergantung orangnya, balik ke individu masing2 lagi hohho.. yang pasti, entah kenapa saya sama sekali tidak minat dengan bidang yang ini.. misalkan disuruh milih kalau mau masuk jurusan ini paling2 pilihan saya juga ke manajemennya.. kalian punya pendapat lain??


Btw saya mau menambahkan, kerjaan kita nanti itu bukan Cuma tergantung pada kita lulusan apa tapi juga pada kitanya sendiri.. jadi mari tumbuhkanlah pribadi-pribadi yang siap bersaing dengan positif di masa depan nanti dan pecayalah bahwa ANDA BISA!! Apapun impian anda, tidak ada yang salah jika anda mengejarnya sampai mati-matian.. Keep 5cm on your head, guys!!


Yak.. mungkin itu 5 pilihan saya,
Anda punya pilihan yang lain?? Silakan berkomentar..


No comments:

the photograph

3..2..1...ACTION!!!

3..2..1...ACTION!!!

Bromo.. akhirnya!! Semeruu.. tunggu saiaa!! hehhe..

LOST IN JOURNEY?? hehhe..

kinder von germany

kinder von germany
[kiri-kanan] Ole, Rheinal, Daniel di sebuah taman di Berlin. Ole is Rheinal's best friend in Germany^_^

looking for future^^ *full of imagination*

looking for future^^ *full of imagination*

hahha just paper o' mine^_^

hahha just paper o' mine^_^

i am the star *hahha=p*

i am the star *hahha=p*