Thursday, July 3, 2008

Dosen Sastra nyentrik-nyentrik ih..

Ada satu lagi dosen saya yang nyentrik.. Yang ini lebih nyentrik dari Oma Tuti.. Lebih aneh bin ajaib Hehhe.. maav Buu.. tapi ini blog saya dan saya lagi pengen nulis tentang Ibu.. Kalau Ibu mau berkomentar silakan.. ^^’


Namanya BU URSULA..
Dosen Phonetics saya semester 1..

Awalnya saya pikir wajar2 saja ini dosen.. Tetapi ada yang aneh : Beliau selalu memakai sepatu kets putih dipadu dengan blazer putih kaya dokter sama rok selutut.. Waktu itu saya pikir.. Kok gag pake fantofel aja dosen ini.. Yah mungkin dia seneng aja sama sepatu kets putihnya.. yang parah si Agenk kalau nyebut Bu Ursula itu.. “Ibu bersepatu tennis” Dugh.. Parah..


Lalu kami mulai menangkap ada yang aneh dari the way she teach.. Dia kalau ngajar kayaknya gag fokus.. entah kenapa kayaknya dia tuh kalau ngajar ada yang dia pikirkan selain mata kuliah yang diajarkan.. Kemudian kalau ada murid yang nanya apa dia jawabnya juga agak gg nyambung..


Pengalaman-pengalaman aneh bersama Bu Ursula..

Si Nisa pernah disuruh baca.. Udah separagraf panjang dia baca, eh Ibu ursula tu malah nyuruh Nisa baca lagi.. Trus pas Nisa bilang Lho kan udah Bu yang ini barusan.. Anak-anak juga mendukung Nisa.. Eh malah Bu ursula bilang belum dan nyuruh Nisa baca paragraf yang itu lagi.. Yaelah Bu.. Trus Ibu tadi dengerin Nisa baca apa dengerin yang lain?? Nahlho..


Si Afifah yang semester 1 dapet Listening bareng Ibu ini pernah cerita.. Suatu hari si Ibu gag masuk karena ada kepentingan apaa gitu.. Nah tahu gag bagaimana cara Bu Ursula ijin sama mahasiswanya??

Jadi Afifah yang baru saja pulang dari kampus tiba2 dikagetkan sama surat yang di amplopnya tertulis UNTUK AFIFAH, dikiranya dari siapaa gitu.. Surat Cinta kali-kali.. Hahha.. Tapi ternyata oh ternyata, itu surat dari BU URSULA!! Ow..Ow..Ow..

Headline-nya begini.. “Afifah yang baik......” lalu isi suratnya yang intinya dia minta ijin tidak bisa mengajar hari itu.. Bayangkan!! Suratnya dikirim ke kos-an Afifah pakai perangko dan lewat kantor pos!! Bukankah sekarang sudah jaman HP?? Bukannya gimana-gimana tapi Bu Ursula ini juga bukan dari kalangan ekonomi rendah.. Mobil juga dia punya..

Saya gg ngerti jalan pikiran beliau..

Si Dini alias saya sendiri Hohhoho pernah punya pengalaman sama dia yang bikin saya sama temen-temen ngakak.. Waktu itu saya lagi makan di SANVITA depan Sastra.. Saya sama Cindong, Helenong, Doraemon.. Pas lagi enak2nya makan tiba2 Bu Ursula lewat.. Karena kami masih belum jelas Mid Semesternya itu hari Senin atau Kamis, maka bertanyalah saya pada si Ibu. Saya manggil2 sambil duduk dan bersiap berdiri.. “BU URSULA..” Panggil saya. Dia belum juga noleh “BU URSULAA..” panggil saya lagi. Belum juga noleh, masih jalan dengan serius sambil bawa tumpukan kertas mau divotokopi.. lalu untuk ketiga kalinya, “BU URSULAAA..” Baru dia noleh dan melihat kami dengan ekspresi cerah, seperti mendapat ilham Hehhe..


Lalu saya berdiri dan ngomong,

SAYA : “Buu..” belum selesai dia sudah memotong,

BU URSULA : “Phonetics yaa...” Dengan gaya dia bicara. Sepertinya dia senang melihat kami, murid-murid phoneticsnya..

SAYA : “ Iya Bu.. Mau tanya, jadinya tesnya hari Senin atau Kamis ya, Bu??” Saya dan teman-teman bersiap menunggu jawaban yang keluar dari mulut beliau.. Mata kami semua tertuju pada beliau.. Daaan.. yang keluar adalaaah..

BU URSULA : “Oooh... TOMATO!! Jadi Tomato ya itu intonasinya dibaca seperti ini....bla bla bla.. bleb bleb bleb..” Sumppaaah!! Kami semua menahan tawa. Cindong, Helenong, sama Doraemon memalingkan mukanya dan ribut sambil terus menahan tawa yang meledak-ledak!! Sedangkan saya?? Ow ow ow.. Saya di depan dia teman-teman.. Sekuat tenaga saya menahan tawa tapi tetap saja tumpah.. Saya gg enak dia ngomong malah saya ketawa tapi sepertinya dia enjoy-enjoy saja menjelaskan TOMATO..!! Ohmaigat. God Help Me!!

SAYA : “Jadi tesnya Senin atau Kamis, Buu??” Ulang saya sambil menahan tawa, sebelum dia menjelaskan lebih jauh.. Saya kan gg minat sama Phonology dan sebangsanya..

BU URSULA : “Nah.. kalau BABY itu bacanya halus di belakangnya jadi.. BEIBEEEH..” Ohmaigat!! Sumpah kami menahan tawa sekuat tenaga kami!! Lha kok malah Beibeh-beibeh gini.. I love u Bibeh lah pokoknya, Bu Ursula.. Hehhe.. Lalu saya mengulang lagi dengan sabar..

SAYA : “Ibu.. Jadi kita kelas B yang komtingnya Farid tesnya Phonetics jadi hari Senin atau hari Kamis digabung dengan kelas A yang komtingnya Andhini, Buu??” Jah.. lengkap sudah pertanyaan saya!!

BU URSULA : “Oh tesnya ya.. tesnya hari Senin saja yaa..” Ffiuh.. akhirnya kejawab juga!! Tapiiii... Dia lalu melanjutkan dengan hal yang membuat kita lebih ketawa.. “Oiya.. kaset listeningnya ya jangan lupa didengarkan sendiri ya.. lalu bukunya PAK RAMELAN yang tebal itu jangan lupa ya dibaca, disitu ada penjelasan yang tentang...bla bla bla..” Kita selalu histeris ketawa kalau ada kata-kata PAK RAMELAN disebut.. Entah Bu Ursula ada apa dengan Pak Ramelan tapi dia tak pernah tidak menyebut Pak Ramelan!! Beliau itu pengarang buku Phonology... Sepertinya Bu Ursula ngefans sama beliau begitu kata anak-anak Hehhe.. Memang dasar kita mahasiswa geblek, ada yang lebih parah yang bilang Bu Ursula dulu pernah naksir sama Pak Ramelan.. Haduh Haduh.. Sudah Stop jangan diterusin lagi yaa.. Kasian Bu Ursula..


Kalian tahu pas tes seperti apa??

Dia itu seperti orang bingung sendiri mondar-mandir entah nyari absen udah sampai mana lah.. Ngingetin soal tugas yang harus dikumpulin, soal bukunya pak Ramelan lah.. dan sebagainya.. Apalagi yang bikin kita kaget itu begitu Bu Ursula membuka tasnya.. Ow ow ow.. kalian tahu apa isi tasnya?? FULL OF PLASTICS.. Iyaaa.. kantong2 plastik gitu dikumpulin entah buat apa.. Putih2 semua warnanya.. Banyaaak bangett.. Kita sampai geleng2 kepala melihat dia mengeluarkan kantong2 plastik dari tasnya hanya untuk mengambil bolpen dia yang nyelingsut di dalam tas.. Ibu Ibu.. What’s wrong with you??


Banyak gosip yang beredar tentang Ibu satu ini..
Ada yang bilang beliau punya masalah keluarga lah..
Ada yang bilang beliau pernah di bawah pengawasan dokter lah..
Ada yang bilang beliau terlalu mendalami linguistic sampai seperti ini lah..
Ada yang bilang beliau ditolak Pak Ramelan lah.. *eh yang ini cuman iseng2an anak-anak yang badung-badung.. Hehhe..


Yang nyentrik lagi,

Beliau itu selalu nulis hasil penelitiannya di papan pengumuman depan ruang jurusan Sastra Inggris dengan tulisan tangan dia sendiri dan selalu mengawali dengan, “Anak-anakku.. saya menemukan hal baru lagi...” Humm.. Sungguh mental penelitinya tinggi sekali teman-teman.. Tapi yang saya sayangkan, saking jeniusnya Ibu ini sampai kita gg bisa menjangkau jalan pikiran dia.. Memahami apa yang dia sampaikan dalam setiap kuliahnya.. Ibu.. Ibu..


Jika ada dosen sastra yang membaca tulisan saya ini,

Saya hanya ingin bertanya, “Apakah Ibu Ursula juga dikenal agak aneh di kalangan dosen-dosen Sastra??” dan saran saya, sebaiknya Ibu Ursula lebih baik melakukan penelitian saja daripada mengajar karena beliau lebih hebat jika meneliti sedangkan jika mengajar sering membuat kami bingung.. Bukannya saya membeni beliau.. Saya tidak pernah membenci beliau.. Malah saya kasian sama Bu Ursula.. Apalagi sekarang anak2 jadi suka ngomongin Bu Ursula.. dikit2 Bu Ursula.. Ada apa dikit ujung2nya Bu Ursula.. Bu Ursula selalu dibawa-bawa di setiap obrolan Hehhe.. Makanya itu kasian kan?? Tapi kami gg membencinya.. Dia tidak pernah jahat pada kami, marah pun tidak pernah Hanya sikap dia yang agak aneh dan susah dimengerti.. Itu saja.


APALAGI NILAI MID SEMESTER PHONETICS SAYA : A.
SO DESUKA.. BAGAIMANA MUNGKIN SAYA MEMBENCINYA??

2 comments:

Unknown said...

bukan smt1 din..
tp smt2 sblm mid.

bu Ursula,, makasih nilai A-nya y...
tnpa Anda saya tak mgkn dpt nilai A utk phonology..^-^

f**k linguistik!!

dini rahma said...

Ini fitri yak??
hehhe.. iya iya betul sekalih..
semester 2 maksud saya ^^

Idup AMERICAN STUDIES!! HEHHE

the photograph

3..2..1...ACTION!!!

3..2..1...ACTION!!!

Bromo.. akhirnya!! Semeruu.. tunggu saiaa!! hehhe..

LOST IN JOURNEY?? hehhe..

kinder von germany

kinder von germany
[kiri-kanan] Ole, Rheinal, Daniel di sebuah taman di Berlin. Ole is Rheinal's best friend in Germany^_^

looking for future^^ *full of imagination*

looking for future^^ *full of imagination*

hahha just paper o' mine^_^

hahha just paper o' mine^_^

i am the star *hahha=p*

i am the star *hahha=p*