Tuesday, July 15, 2008

Sastra Inggris?? Check this out!!

Saya belum pernah promosi jurusan kuliah saya di Sastra Inggris..
Saya ingin memberikan kalian gambaran seperti apa sih kuliah di Sastra Inggris dan bagi kalian yang sempat meremehkan jurusan ini, tepat sekali anda harus membaca tulisan saya satu ini..

Banyak yang mengira, “Mau jadi apa sih masuk Sastra Inggris??” pertanyaan ini sering lho didapat mahasiswa Sastra Inggris.. hayoo ngaku.. pasti pernah lah kalian ditanyain kaya gitu.. Nah, disini saya ingin mendepak kalian-kalian yang sempat menanyakan hal itu.. Mungkin di pandangan masyarakat awam sastra itu masa depannya suram.. padahal TIDAK, teman-teman!!


Di Sastra Inggris, yang dipelajari bukan hanya bahasa inggris.. iya sih itu dipelajarin tapi itu bukan prioritas yang kami pelajari di bidang ini.. Di Sastra Inggris UNDIP yang mendapat peringkat ke-2 di Indonesia setelah UGM dan yang ke-3 adalah UI, pada saat semester 5 nanti akan dibagi menjadi 3 jurusan lagi yakni : Linguistik, Literature, dan American Studies. Saya?? Berencana akan mengambil American Studies karena pengen muntah-muntah kalau dapet kuliah Linguistik dan ngantuk kalau dapet kuliah Literature hahha ^^’ Andai ada British Studies kaya di UI, pastilah saya akan mengambil British.. secara impian ke Inggris!! Huhhuw..


Jadi di Sastra Inggris kita mempelajari budaya negara asing (America, Inggris, dsb) kemudian diajarin banyak hal mengenai politiknya, bisnis internasionalnya, dan hal-hal yang berbau internasional lah.. secara kita kan dipersiapkan untuk bisa menjadi orang Indonesia yang bisa menguasai kemampuan bahasa asing (minimal 2 bahasa lah.. saat ini saya sedang menekuni Prancis sebagai pilihan kedua saya setelah Inggris dan Jerman terkadang *kalau lagi rajin aja hahha*) lewat sini kita bisa berpeluang masuk ke DEPLU dan direkomendasikan menjadi DUBES (pokoknya kuasai bahasa yang negaranya kamu cintai dah!! Jadi kalau kamu dikirim kesana kamu bakal semangat!! Hohho..)


Kemudian kita juga mempelajari tentang kepenulisan.. untuk media, maupun untuk karya-karya sastra.. jadi dari sini kita berpeluang untuk bekerja di bidang media.. cetak maupun televisi, radio, dll.. banyak lho lulusan sastra yang kerja ke bidang ini.. beruntung lagi kalau bisa nembus media yang levelnya internasional atau asing macam bbc.. wuiih.. keren tuh sob!! Di bidang kepenulisan karya sastra, ini sekarang bukan kerjaan remeh temeh lho sob.. Andrea Hirata salah satu buktinya.. Gag kebayang berapa keuntungan yang dia dapat dari menulis bukunya.. (ini kalau kalian memandang dari segi ekonomi yaa), dan pekerjaan satu ini tak lekang waktu.. kapan saja anda bisa menjadi penulis tanpa memandang usia sudah saatnya pensiun atau alasan yang lain.. ini pekerjaan bebas yang kadang bisa merubah hidup anda JIKA ANDA PERCAYA ANDA BISA!!


Itu saja??
Tentu tidak!!
Di Sastra Inggris, anda juga akan mendapatkan hal-hal yang berbau kreatif.. Anda akan diberi materi mengenai
creative writing dimana di dalamnya ada mengenai copywriting dimana itu biasanya masuk di bidang periklanan/advertising.. apa sih copywriting (yang kalau orangnya biasa kita sebut copywriter) itu?? Anda kalau belum tahu bisa baca-baca disini.. Dan ini salah satu pilihan kerjaan saya nanti.. Ini karena saya dulu mau masuk DKV (Design Komunikasi Visual) gg keterima.. maka saya pikir lewat sastra inggris pun saya mungkin masih bisa menjadi copywriter di media atau agensi periklanan.. jadi freelance saja pun bisa.. paling enak tuh!! ^^’


Lalu anda bisa menjadi dosen, itu wajar sekali.. di semua jurusan juga kita bisa menjadi dosen hohho.. dosen sastra inggris itu enak lho.. ketemu terus sama bule-bule cakep hahha.. dan sering jalan-jalan huhhuw..

Anda pun bisa menjadi apapun di perusahaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing.. kemudian anda bisa menjadi penerjemah.. eittss.. jangan salah.. penerjemah itu sekarang bayarannya gag gemeng-gemeng lho!! Apalagi kalau udah dipercaya nerjemahin karya luar negri, apalagi yang setaraf Harry Potter!! Wuiih.. Sumpah bayarannya ajiib..!! Pekerjaan satu ini cukup nyantai lho.. tinggal di rumah dan meluangkan waktu anda untuk menerjemah.. tentu kalau anda sudah mahir berbahasa ini gg begitu susah.

Anda juga bisa menjadi tour-leader atau di lembaga-lembaga kebudayaan dan pariwisata lainnya.. ini pekerjaan yang lagi saya pikirkan, punya tour-agency enak kali yaa.. bisa jalan-jalan gratis kapan saja.. hohho.. kan kalau jadi pekerjaan sampingan (punya anak buah gitu), enak kali yaa.. ^^’

Trus apalagi ya?? Setahu saya masih banyak lagi pekerjaan lulusan Sastra Inggris, alumni pun beragam kerjaannya.. ada yang stay di luar negri jadi dubes ada pula yang sekarang sudah jadi manajer SCTV (Yang ini pernah kenalan pas lagi MAKRAB kan beliau datang..), dsb. OIYA!! Dosen saya pernah bilang.. kalau mentok-mentoknya kita nasibnya belum dapet2 kerjaan.. kata dosen nyambilah jadi pengajar bahasa inggris/asing lainnya di bimbel-bimbel atau ngelesin sendiri.. (Saya juga mau mulai ngelesin bahasa Inggris anak-anak SD, SMP, SMA... tapi ntar kalau udah dikasih motor sama Bapak, Amiin.. ^^’).. Banyak bimbel yang butuhin kadang dan ini bisa jadi pekerjaan sementara kalau belum juga dapet kerjaan yang cocok dan sreg..

Jadi kalian yang kadang meremehkan jurusan saya ini.. tolong jangan asal ngomong kalau belum tahu prospek kerja lulusan Sastra Inggris yang buanyakk.. (kata alumni-alumni.. Sastra Inggris itu enak bisa kerja dimana saja asal kita terampil dan kreatif), Sastra Inggris pun bisa jadi enterpreneur asal kita jeli melihat peluang yang ada.. bahkan kita punya kemampuan berbahasa yang mana itu digunakan untuk berkomunikasi dan menjembatani hubungan dengan internasional.. saya jadi kepikiran JOGER yang usahanya itu kan sebenarnya nyambung sama budaya, sastra, dll (namanya juga pabrik kata-kata dan dimana anda mempelejari kata-kata?? Sastra tentunya..), biasanya anak-anak Sastra itu memang pandai berkata-kata hohho (tidak termasuk saya kali yaa, hehhe), Nah kenapa tidak merintis usaha seperti Mr. Joger di daerah kalian masing-masing lulusan Sastra Inggris?? Hohho..

Whoaaa..
Ternyata panjang banget ya penjelasan saya mengenai Sastra Inggris.. semoga saja bisa menjadi manfaat bagi kalian yang lagi bingung mencari jurusan dan kalau Sastra Inggris sempat terngiang menjadi bidang yang ingin kalian ambil, saya sarankan janganlah ragu!! Anda tidak akan menyesal dan salah pilih karena jurusan ini menawarkan beragam mata kuliah dengan beragam pekerjaan yang bisa kalian dapatkan nanti.. bagi kalian yang merasa kemampuan bahasa Inggris kalian kurang bagus.. jangan takut!! Tidak semua teman saya mahir berbahasa Inggris lho.. dan kita disini semuanya belajar!! Kalau sudah bisa buat apa belajar?? So jangan takut dan jangan ragu.. dijamin lulus kuliah dari Sastra Inggris paling tidak anda sudah bisa PD berbahasa Inggris dengan lancar..

SO.. ANDA BERMINAT?? ^^’


100 comments:

Kreatifittaz said...

Yup! U r right! U can be anything ex:teacher,tour guide,translator,writer, even graphic designer like me he3x. Anak sastra memang kreatif punya bnyk kebisaan walo sometimes malah binun he3x but in the end i always love creative world.

Anonymous said...

Hai kak Dini.. Salam kenal yah ^^
aku dila,, ada rencana mau PMDK ke Undip, ambil manajemen ato ga sastra inggris..
Kalo liat peluang c kayaknya lebih gede di sastra coz manajemen peminatnya lebih buanyakk..
Aku minat ke sstra, tapi,, gak pede coz kayaknya bahasa inggris aku standar2 aja gtuh.. Apalagi nanti semua2nya pake bhs inggris.. Eh iya gak sih?! Minder gimanaaa gtu.. Takut kelabakan. Huhu.
Maaf ya curhat. Hehe.
Minta sarannya dung ka..

Btw postingannya bagus deh ^^

Yogzate said...

Postingan yg bgus!!
Saia jg tertarik jurusan ini. .
Aplgi d Undip. .
Oia,bhs.inggris saya jg standar2 aja tuh. .
Apa gpp?
Doain UM undip bsk,saya bsa ngerjakn n ktrima di undip. .
Mkasi. .

damay said...

setujuhhhhhhhh.. keren bgt postingnya..
say juga salah stu mhasisw sastra inggris linguistic ....
n bweneer sastra inggris ma gampang nyari kerjanya... ne ja sya belum lu2s uda banyak bgt kerjaan yang bisa dikerjain n pasti hasilin banyak duit hehehe
semangat to nak2 sastra inggris reign the world through english...
hidup sastra inggris.......:)

.:HENDRY:. said...

Hi k dini! salam kenal y!
saya skrg kls 3 sma dan bentar lagi mau kuliah, tapi masih bingung nentuin pilihan jurusan, antara manajemen sama sastra inggris. maunya si kuliah di ui (amiiinn). tapi manajemen peminatnya juga bejibun passing grade gede...
sastra ui juga termasuk yang passing gradenya gede juga c...
bahasa inggris saya di skul juga biasa2 aj... kira-kira saya pilih yang mana y?
oiya, postingannya keren lho k...
sukses terus y...!!!

Powerrangga said...

jadi tertarik ma sastra inggris.aku pengen jadi penulis dari kecil,..tadinya ragu2 sih mau masuk sastra inggris tapi jadi tertarik.doain lulus UN n diterima jur.sastra inggris di unpad yaaa

ronz said...

kereeeenn tulisannya!!makasih bgt yaa kak :)
aku jd mantep maw masuk sastra ing:)

Ryan said...

Makasih y kak..!! Nambahin semangatku untuk ngambil jurusan ini.. Memang banyak yg tanya "Mau jadi apa entar?".. tp stelah membaca blog kakak, saya jd ngga ragu.. ^_^
Many thanks from me..

Anonymous said...

wah jadi pengen ambil jurusan inih!!!

Anonymous said...

kak..aku mau nanya ni..
Di setiap universitas, jurusannya di sastra inggrisnya beda2 ya?..
Kayak di Binus, peminatannya ada bwt office, tourism sm apa 1 lg sy lp ..
Trs klo di Tmpt kk ada american britis dll..
Trs linguistic sm literature bedanya apa?..
Makasih ya kak sblmnya..hehe

margarita said...

saya sayaaa .. hahaha pilihan pertama saya sastra inggris ui, puji tuhan lolos, nah posting ini bikin makin semangat kuliah deh

Randy said...

Yes. I also plan to major in english literature considering my english's so good :D (how confident :D). If i really take it, i'll enroll in unj or ui--maybe ugm :) I heard unj has the best english literature major among all famous universities in indonesia. that's great :) wish me luck.

Anonymous said...

Posting yang bagus :)
mau tanya nih, kira2 sasing bisa tembus jadi menteri gak ya? Kayak Mendiknas.

Anonymous said...

Hello my name is ...... and I like to write a lot of articles in a virtual world called Second Life. I'm a very detailed person when it comes to literature and I assure you that I am determined to get any of the job. Once I am committed to something, I would do it as if the next day is 2012. I already work for a lot of people. I will send you a proper CV when you email me your contact. My avatar name is Angelina Lerintzo and you can google the name. If you are interested to work with me, email me to angelinalerintzo@hotmail.com. I do not want to put my name on the blog. So, I hope that you understand. Thank you for your time. :D

Anonymous said...

Bingong bingong bingong T.T
Sebelum baca ini, saya lumayan condong ke biologi dan ahli gizi, sekarang habis baca ini jadi imbang smua... bingung mau pilih mana T.T

Anonymous said...

wah thanks. Sangat memotivasi..^^

purnay said...

thank u uda post. org tua ku sering blg sastra inggris cuma jadi dosen. ak lagi bingung pilih jurusan. makasih insight nya :)

ardee said...

Postingnya bagus.. Bermanfaat bgt!^^ Saya Jadi gak ragu lagi buat milih jursan ini.
Tapi pringkat jrusan sastra inggris d stiap univ. Itu brpengaruh ga sih sama kualitasny? Klo kualitas sastra inggris UIN gmana?

Anonymous said...

weleh . .sastra inggris??sepintas emg menggiurkan . .tapi . .sekedar pengalaman ane gan . .ane sastra inggris . . .berat tu nyari gawe . .apalagi yg perusahaan2 gede . .rada susah tu masukna . .

ane jga dulu mikir gitu, ane lulusan PTN dg IPK 3,31 . .nyari perusahaan yang butuh lulusan sastra inggris ga terlalu banyak, mentok2 ane lamar di bank2 . .itu jga msti saingan ma lulusan dari ekonomi, teknik dsb. tapi kalo mo coba, silahkan aja gan . .rejeki sapa yang tau . .

zhie said...

sumpah...keren kakak..aku setujubuanget, soalnya aku juga masup sastra ingg en kepengen kerja di kedubes gitu deh..ahhahaha

Anonymous said...

Sy lulusan sastra inggris UI dan saat ini menjadi seorang translator. Sekadar sharing, pkerjaan teman2 saya sesama lulusan sastra inggris saat ini adalah:
1) Staf Kemlu
2) Staf Kemenkoinfo
3) Perhotelan
4) Perbankan
5) Penerbitan/Majalah/Koran
6) Advertising Agency
7) Guru International School

Jd jangan takut klo ada yg bilang "mau jadi apa?" Justru S.Ing cendurung lebih fleksibel dbanding jur2 favorit yg laen.

Anonymous said...

Assalamualaikum kaka, aku masih kelas 11 sekarang tapi kebetulan di kelas akselerasi yang artinya 6 bulan lagi bakal jadi mahasiswa.. dari dulu aku emang tertarik sama bahasa inggris, pernah jd jurnalis kecil kecilan di koran setempat, suka jd mc dan suka ngomong hehe, daaan aku berencana buat ambil sastra inggris nantinya nah postingan kaka ini manfaat bangetlah jadi makin yakin buat ambil sastra inggris. keep on writing ya kak , doain aku yaah :)

megami yuki seire said...

tambah wawasan..
lgi bngung bget mau plih apa ?__?

Anonymous said...

Er... I want to take Linguistic, but you said that you want to puke if you were in linguistic. So, I'm a bit curious about linguistic. What do you learn in linguistic? Is it grammar, vocab, etc.? Is it really boring?

Muscitech said...

Nice fellas ! Pengen banget nih masuk Sastra Inggris UGM, amiiin...
Thanks ya pengalamannya kakaks :D

Wish us luck and success ! amiinnn

Visit me if u have more times
http://yutsiguitarviolin.blogspot.com

Angelovha said...

Artikel yang membuat saya legah .. baru saja saya bertengkar dngan papi gara2 saya gak mau lngsung kuliah sastra inggris (maunya LP31 dulu biar punya keahlian) coz saya pikir sastra inggris hax diajarkan bhsa asing dan tdk memiliki keahlian.

Anonymous said...

sekedar ikutan share info nih, hehee kebetulan sama2 dari sasing..:)
kata dosen saya, pernah ada pihak dari perbankan dan juga ada dari perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja sebagai sekretaris yang malah nyarinya di sasing, kata mereka, lebih mudah mengajari perbankan ke orang yang sudah bisa basa inggris daripada mengajari bahasa inggris ke orang yg bs perbankan :)
tampi semuanya kembali ke individu masing2, apapun jurusannya kalo kita emang berkompeten, insyaAllah banyak yang ngebutuhin.. :D

seulouv said...

Setuju banget !!! orang-orang nyangkanya kuliah di sastra inggris tuh cuman mau jadi sastrawan/puitis gitu . padahal gak kan ya...
abis baca postingan ini jadi tambah mantap ke sastra inggris, apalagi ngeliat prospek kerjanya yang seru abis. sumpah, pengen cepet2 masuk Sastra Inggris UGM .
doakan sukses ya kaak ^^
thanks banget infonya sangat mendukuung, mantepin niat aku kalo sastra inggris bukan jurusan ecek-ecek yang orang pikirin .
Go go fighting !!!!!!!!!

anisaariyani said...

bingung nih sama 3 jurusan, semuanya aku suka. tapi berat milih yang mana yang cocok sama akunya...TT

Anonymous said...

LOL:D
I've experienced wonderful days in English department UGM
fun English learning-good teachers-and I think you can be everything you want--not just depending on what your major in university. at least by mastering English and some other foreign languages, we can be more confident than ones who can't

Good luck ^^

Anonymous said...

bedanya lingusitic dan literature atau dikenal dengan istilah bahasa dan sastra, itu.........
kalo linguistik itu mempelajari struktur bahasa yang nantinya bisa dipelajari menjadi beberapa cabang ilmu: morphology-syntax, phonology, pragmatic, sociolinguistic.
kalo sastra itu sudah masuk dalam penerapan bahasa ke ranah estetika misalnya puisi, drama, prosa
begitu singkatnya
saya kuliah di jurusan sastra inggris ugm, mata kuliah yang wajib kami ambil meliputi dua aspek tadi: bahasa dan sastra tapi ketika penulisan proposal (sekitar smster VI) kami boleh memilih salah satu yang nantinya akan ditulis untuk graduating paper. linguistik memang cenderung lebih sulit dan memusingkan...dan kadang banyak yang menghindari skripsi dengan topik tersebut.
tapi....saya uda buktikan kok kalo linguistik ternyata menyenangkan :D...

sariminpergikepasar said...

Setuju banget, aku juga anak satra inggris, semester 5. Banyak hal yang bisa kita lakukan nanti setelah lulus dari sastra inggris... Kita hanya cukup percaya bahwa kita pasti bisa!

Dikki Setiawan said...

trims infonya, jadi minat di sasing nih stelah baca ini.. Saya siswa kelas 3 SMA, planning for unair :)

http://www.initialDS.com
Dikki setiawan, filmmaker

Anonymous said...

omg kereennn bgt..aku mau ambil fak sastra inggris ektensinya aja dehh :)

Anonymous said...

Thanks so much k dini
jd tdak d ragukan lgy!

Anonymous said...

Hoaah.. . .aq mw ambil jurusan ini, bismilah. . .

Anonymous said...

Aku sih pengen..
Tp kok bnyak yang bilang nyari kerja nya susah ya ??

Anonymous said...

Yesterday,my senior told me that graduated of english literature would be a teacher also,not different with graduated of english education,it made me so confusing and rather regret :P took english leterarature,but after read your writing i became so happy, thanks sister ,i'm student of third semester english literature,state university of surabaya :)

Anonymous said...

Saya suka postinganya kak,,,saya positif milih fak sasing dech krna prospeknya bagus,,,,doakan saya ya supaya bisa masuk fak sasing UGM,,,

Anonymous said...

Wow very interesting,,,,bagus bgt postingannya,,,,saya suka. Saya mau masuk fak sasing UGM tapi saya takut ga bisa,,,bahasa inggris saya masih jelek,,,,truss skripsinya susah ga ya????

dila said...

hai kakak! saya mahasiswa sastra inggris universitas airlangga, semester 2. setuju buaanget sama tulisan kakak nih. selain prospek kerjanya yang fleksibel, belajar di sastra inggris juga asik :D

Anonymous said...

My spirit moved aωay аbout three several
уears prioг tο my overаll body hаd thе
courage tо lаst but not least conсlusiοn thіs saga,
and I did come аcross I was bеtter beеn givеn in the city I last of аll рoѕitiοned to and as
for the nice fortune Ӏ was seeκing, I found оut what Jοsеph Campbell wrote was νаlid:
&#8220Υour complete bodily pгogram
κnoωs that this іs the way to be alіvе in thiѕ globe and the wаy to givе the relatively most popular thаt you hаve
to have. Sеlfmade bread is not only very easy to
maκe, but іt's more effective for you. They have lived life akin to that of incredibly good saints, sages and Rishis who ended up regarded for their penance and austerities.

My web-site pizza stone restaurant manteno il

Anonymous said...

Τhe Liеutenаnt ѕwore thаn in mеmory
of thе blеnԁed dгink, it ωould
endlesslу be knοωn in thе mіlitary as a 'cock's tail'. These materials are traditionally seen in all styles of residences, even all those that aren't
іntended to bе 'green'. In 1915 the wormwοoԁ was tаken out
and the liqueuг ԁiluted to its current strength.


My web-ѕite :: pampered chef pizza stone uk

Anonymous said...

Hmm it looks like your website ate my first comment (it was super long) so
I guess I'll just sum it up what I submitted and say, I'm thoroughly
enjoying your blog. I too am an aspiring blog writer but I'm still new to everything. Do you have any tips and hints for newbie blog writers? I'd really appreciate it.


Feel free to visit my web page Ros42j4bdu.multiply.com

Anonymous said...

I always spеnt mу hаlf an hour to гead this blog's content everyday along with a mug of coffee.

My weblog www.mafrii.com

Anonymous said...

I would not ρut it in the freezeг foг а long tіme, you
cаn рut it іn the freеzer
for а couрle of hours but I would not put іt in therе foг а сouple of wеekѕ.

There are plenty of elесtric ovens that ωill still knock youг socκs off.
(only becаusе they moaned аbout eating theіr νeggіes).


My webpаge ... mario batali pizza pan and griddle

Anonymous said...

I likе the hеlpful іnfo you provide in your aгticles.
Ι'll bookmark your blog and check again here frequently. I am quite certain I will learn many new stuff right here! Best of luck for the next!

Here is my web-site ... Nssdocs.xisp.net

Anonymous said...

Very quickly thіs ωеb page will be famous amid all blogging uѕers, due to it's good posts

Have a look at my blog post - augen lasern

Yohana Penulisartikel said...

wowwwww....
aku nggak ngremehin sastra ingggris lho...
pokoknya sukses ya buat kamu???? ^.^
sastra inggris keren kok menurutku..
hanya orang yg berpandangan sempit aja yang menganggap kuliah di sastra inggris nggak bisa jadi apa2..
So,,, keep spirit deh ^.^

jasa penerjemahan

anindya yayi said...

makasih ya.. Karena tulisan ini membuat keraguan saya untuk kuliah di sastra inggris menjadi hilang... Makasih makasih..

Anonymous said...

Saya siswa SMA yang baru saja naik kelas XII. Kebetulan minat kita sama kak Sastra Inggris dan DKV. Setelah melihat postingan kakak, saya jadi lebih niat masuk Sastra Inggris :D
Terimakasih banyak kak Dini atas sharing pengalaman dan infonya :)
~R

Anonymous said...

mbak bukannya sekarang tuh urutan jurusan Sastra Inggris udah ga begitu lagi ya? Setahu saya yg terbaru (QS World University Rankings by Subject 2013) itu urutannya:
1. Universitas Indonesia (Jakarta)
2. Universitas Sanata Dharma (Yogyakarta)
3. Universitas Pendidikan Indonesia(Bandung)
4. Universitas Diponegoro (Semarang? aku lupa UNDIP dimana.hehehe)
5. Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta)

Jadi, saran aja kalo ada yg ga lolos SBMPTN bisa ke swasta tuh. Universitas Sanata Dharma. Sastra Inggrisnya emang katanya T.O.P B.G.T punya beberapa temen di situ emang dari penampilannya aja sastra banget - kumel. tapi mereka cerdas" loh. Pengetahuan tentang sastra banyak. hihi. Jadi kalo yg ga lulus SBMPTN, SNMPTN, UMB ato apa lah itu, bisa tuh ke Universitas Sanata Dharma. kalo emang minat ke Sastra Inggris :D

Eka Caca said...

Hi kak.. thks a lot yach b.t infonya, it's verry benefit for me ;)

Anonymous said...

hi kak. Im so glad read this post
thanks a lot saya semakin yakin pilih Sastra Inggris )
do'akan saya bisa masuk Sastra Inggris UGM amin O:)

Anonymous said...

yg bagus adalah jurusan di mana kita memang sudah cinta mati. walaupun ga dpt kerjaan, ttpi tetap bangga dngan pngtahuan yg kita dapatkan.
from UPI, 4th smester

Anonymous said...

bner bnget.. aku jga kuliah d sastra inggris UGM smester 5

DikaShafira said...

Um...
hi! uh.. i know it's a bit too late, wait no way too late to post a comment but better late than nothing right?
so.. I'm currently in my 4th semester in high school (my shool has a weird yet unique system). My first aim for college was english literature, but people around me started to ask me things, like what woud i be if i took english literature, and they said that it's a bit hard to look for job. So i diverted my aim. I thought about psychology. But then i realized that psychology is the hardest thing i ever imagined. maybe I'll sleep in every clases if i took (and accepted) in psychology.

I'm currently in newscasting devision in my school's english club. Yes i love to speak but my structure is just a pile of mess.


I would like to be a news anchor someday. If i take english literature, can i be one?
I think about english literature in unbrawijaya. Is that good enough? or should i try UGM?

Oh oh and i love to write stories. like a fan fiction, even though it was just a vomit of useless words but i love to type my feelings down.*ignore this*

Okay this is just the longest comment i ever posted. Can you reply me and give me some advice.. maybe? f you're not that busy..

well, thats all! thankyou!~

Anonymous said...

wah saya senang sekali baca postingan mbak dini , saya memang mau ambil sastra inggris kalau kuliah saya juga kepengen jadi dubes ataupun deplu tp bhasa inggris saya yang sangat lemah , jadi takut saya juga berpikir mau jadi guide, keren ya

Siska Sofianti said...

cihuyy... sya juga sastra inggris, hidup sastra inggris.. betul bgt tuh, bnyak peluang kerja kok buat sas. ing :D

mo dhows said...

hahahay, keren nih . . .
jadi makin optimis masuk Fakultas Sastra Inggris nih . . .

Stevanus Kustanto said...

Setuju dengan kakak, aku jg skrg abis UN SMA. Tinggal nunggu pengumuman. UN dan SNMPTN, krn aku jg udah lulus Sastra Inggris di Sanata Dharma jadi udah ada cadangan :D

Prospeknya sastra inggris memang banyak bgt, bs awet lagi kerjaannya. Asal kita senang sm apa yg kita buat dan mau berusaha, pasti akan ada jalannya buat dapat pekerjaan :D

Salmi Rahmawaty said...

nice posting^^
saya Mahasiswa Sastra Inggris semester 2 UHO. Bismillah kalo kita perbaiki niat dan pertebal motivasi, Sastra Inggris akan bermakna buat masa depan ^^ Bravo English Letters :D

Vanessa Buchory said...

sangat membantu blognya kak,, :-)
tpi sastra inggris itu bnyak ndak sih peminatnya?

Vanessa Buchory said...

sangat membantu blognya kak,, :-)
tpi sastra inggris itu bnyak ndak sih peminatnya?

Vanessa Buchory said...

sangat membantu blognya kak,, :-)
tpi sastra inggris itu bnyak ndak sih peminatnya?

Zubaidah said...

Sukaaaa dan I do agree. We can prove to everyone that with English, the bright future waits for us. ;)

Zubaidah said...

Sukaaaa dan I do agree. We can prove to everyone that with English, the bright future waits for us. ;)

Anonymous said...

kaka yg udh pada kuliah sasing sharing dong.. Aku masih amatiran inggrisnya bisa ga sih jadi mahasiswa sasing? Terus kalo awal jadi mahasiswa sasing itu gimana.. Apa bener everyday ngomong sama temen and dosenya with english? Please respons ;)

Anonymous said...

Haii kk
aku super" galau nih
aku bingung mau pilih jurusan BBI atau BBC :'(

aku nanya temen" , mrka nyaranin ambil BBC , padahal aku uda banyak lupa" soal tulisann nya

yosha hestiyani said...

kak.. apa bedanya sastra sm bahasa?

Ilham Habibie said...

Kak, sekarang saya di jurusan IPA, ingin meneruskan kuliah ke sastra inggris. Ada kemungkinan saya untuk lulus lewat jalur undangan gak ya?

Lalu, jika saya gak bisa lewat jalur undangan, saya ingin lewat jalur sbmptn. Apa saja bidang studi yang ada di dalam tesnya?

Terima kasih

WidyaSusanto said...

Hai kak, aku widya dri lampung
awalnya aku pingin ambil jurusan yang msuk ke keamana negara, departemen luar negri
Nah tp klo mau msuk ke keamanan negara kayak secret service dan dll. Hrus lulus kriteria, ga pake kacamata. Tp kacamata aku tebel nih rupanya . Aku juga lumayan bhsa inggrisnya, trus pingin deh coba-coba ke pramugari, krna aku jg anak nya pecicilan. Tp sam aja pramugari ga bole pake kacamata.
jdi aku udh mateng nih awalnya pingin ambil Hubungan internasional. Tp rupanya, pas aku sempet baca-bca tntnang HI bnyak banget yah yang blg susah dapet kerja klo HI. Bahkan ad ngaku udh 1thun blom dpet kerjaan juga.
Pupus banget deh harapannya. Jdi aku mikir,apa aku ambil sastra aja ya. Dan bener apa yang kakak bilang, mikirnya mau jdi apa klo ambil sastra. Tp abis baca blog kakak, semangat jg nih pingin ambil sastra hehe. Aku juga suka nih sm masak dll, jdi smpet mikir juga gimana klo ambil management perhotelan. Kira-kira bole ga ya ambil 2 jrusan kak?

Reply pls. Thank you c:

rany tobing said...

Anak sastra itu unik..mrk tdk mdh ditebak..kenalilah mereka sperti membaca dan memahami isi novel. Hehe...
pikiran dan daya imajinasi mereka sangat tinggi..sudut pandang dan kemampuan beropini mereka adalah 'sesuatu'. kadang mereka memaknai hal2 yg orang lain sepelekan. Terutama anak literature...wihh...they believe that 'sastra is the imitation of life'
Kalau uda blajar sastra secara mendalam dari karya karya pemikir2 hebat dunia..mreka akan sangat paham hubungan yang sangat kuat antara alam, Tuhan, dan manusia.
Tapi ada bahayanya mahasiswa tidak ada filter kalau uda dicekokin karya tulis yg kurang baik atau kurang tepat.
Jadi pahamilah dirimu dahulu sebelum memilih sastra terutama literature...tidak main2 untuk mendalami sastra..

Atria Primayanda said...

saya jurusan Sasing Undip kak^^ semester 2 thn ini. sekarang peminatan ada di semester 3 kak. dan saya berniat ambil Linguistik hehehe tp minat juga sih sama Literature hehe
Anyway, I love everything in this major. And I'm proud to be English Department Student :"D Salam budaya!!

damasus genta said...
This comment has been removed by the author.
Chevy Putri said...

Wow!! What a nice article! My mom said that i have to work at some foreign companies and i agreed. And this article gives me a solution. Yeah you were right! At first, i even thought that Sastra Inggris doesnt make a lot sense hm but i was wrong hehe. Thanks a lot!! Hope i can join this department in 2017!! Yeayy!!

Chevy Putri said...
This comment has been removed by the author.
Chevy Putri said...
This comment has been removed by the author.
Chevy Putri said...

Wow!! What a nice article! My mom said that i have to work at some foreign companies and i agreed. And this article gives me a solution. Yeah you were right! At first, i even thought that Sastra Inggris doesnt make a lot sense hm but i was wrong hehe. Thanks a lot!! Hopefully i can join this department in 2017!! Yeay!

novia dwi rahmawati said...

makasih ea buat postingan yg bermanfaat ini.,.,jd semangat buat kuliah jurusann sastra inggris.,.,kira2 gk susah kan?

Anonymous said...

hi there just wanna say something here. So at first i was so determined to join sastra inggris but lately ive been thinking if that would be the right decision for me because my pronoun isnt that good and im lacking at basically everything...hm what should i do?

Rara niken said...

Hi kak,,, makasih bnget udah nulis ttg sastra inggris =] ♡
Bermanfaat bgt buat aku =D kbetulan aku maba sasing ,, jadi lgi cari2 info lah wkwkwk
berkat apa yg kka tulis aku jadi lebih pede ,,walaupun bingg aku ga terlalu mahir,, alias masih kelas curut :'v

Naila said...

Hi kka makasih udah nulis tentang gimana sih Sastra Inggris itu. Aku rencananya mau SNMPTN nya ke SasIng UI . Tapi pas aku liat mata kuliahnya ko aga nyeremin ya? hehe bisa jelasin atau bagaimana kk?

Vidiya Kresnawati said...

wuiihh seneng habis baca ini xD aku kelas XII kak, dan lagi gencar2nya nyari jurusan. dn memang rencana pilihan prtma ambil sastra inggris UI :D dn semakin mantab habis baca tulisan kakak. skrg aku lagi ikut les b inggris buat ngelancarin speaking tapi tetep masih ada rasa minder klo nnti pas kuliah anak2nya udh pada jago bgt inggrisnya . apalagi UI T-T berasa bakal berada di lingkup anak2 pinter inggris

jasa penulis artikel said...

waw suka banget dengan pemikirannya kakak ^_^ penuh idealisme dan berani!
keren banget, gak keterima di dkv tapi masuk sastra inggris dan berani dengan cita2nya buat jadi penulis atau kerja di agensi atau freelancer... buataku itu kereeen banget. like this.

puspa arum said...

Tertarik bgt sama bahasa asing iniii. Tapi apadaya;( apa aku boleh masuk jurusan ini sama ortuku? Gimana jelasinnya kalo jurusan ini cukup bagus dan masa depannya insyaAllah juga bagus.

ney fanila said...

ka' cara masuk ke fak sastra inggris tuh susah atau mudah ? trus gmna cranya?? ksih tau jwabannya yah kka yg baik

Annisa Khoirina said...

Aku anak jurusan D3 Bahasa inggris semester 4 dan GAK berniat untuk meneruskan ke jurusan Sastra Inggris utk kedepannya. Saya lebih memilih test lagi untuk ambil Jurusan Ekonomi. Memurutku tulisan mbak tidak sesuai fakta yg ada. Mungkin karena ditulis di tahun 2009 jd agak kurang srek seiring berjalannya. Pada faktanya jurusan Sastra Inggris emang susah dapat kerja sekalipun itu dapet pasti gajinya gak seberapa dan Hanya Segelintir org yg punya gaji Gede di atas 10jt lebih per mounth dr lulusan sastra. Bahkan skrng jurusan SASTRA INGGRIS masuk kategori 10 jurusan yg KURANG BERUNTUNG Karena skrng" rata semua org bisa berbahasa inggris, tak jarang ada TRANSLATOR & INTERPRETER tp lulusannya ekonomi/teknik dll. Apalagi skrng banyak Perusahaan yg Tidak menerima jurusan sastra kecuali untuk dijadikan editor. Coba aja cek di Jobstreet / web site lowongan kerja lainya kalo gak percaya. Mereka lebih memilih jurusan Ekonomi, teknik, TI dll yg fluent dlm berbahasa ingriss tulis maupun lisan. Sy sendiri sudah melakukan reserch tentang jurusan ini. Pada dasarnya English is just a language for communication. So, we should get another skill if we want to get the better job and the better future.
Maaf bukan bermaksud merendahkan tp memang begitu kenyataanya. :)

dwi septian Hadi said...

Cara menapatkan uang via online dan sangat mudah, cocok untuk anda yang sering online, dan dijamin tidak akan rugi apapun karena modalnya sangat sederhana hanya membuat akun saja. Iseng-iseng berhadiah gan klik
http://YouthToEarn.com/?ref=383815

Ajeng Yasmine said...

Mba, itukan tadi cerita kalo di UNDIP adanya American Studies, trus kalo di UI ada British Studies. Tau gk kalo di UGM adanya apa ya?
Thanks:))

KenthungBluthung said...

Ohh OK mbak thanks, ane masih SMP mau ambil sastra inggris, ane jadi tambah semangat nih belajar b.inggrisnya haha, thanks a lot for this info

zakiyah firdaus said...

Abis baca ini jadi makin mantep pengin masuk jurusan itu �� semoga bisa kesampean

Anonymous said...

hy, i am G. right now i am at twelfth grade. i was so confuse right now, soon i have to decide faculty that i want to get in. even though my english language not too good but not too bad either, i still want to go to english literature faculty. there is too many thing that i need to get in this faculty,but i am not sure i will pass. i am so nervous just thinking about it. i hope i can be like you and be more confident.

every advice is needed for me. i'll take it every single word if there is any advice from you guys.

hope you have a nice day ^^b

sasha barbie said...

Nanya ya kak. Tiap kuliah dosennya ngomong pk bhs inggris trs ga ? Maklum telinga saya agak bindeng klo dgr bhs inggris wkwkwk

Ummu Hurayrah said...

Hi, kak Dini. Assalamu'alaykum.

Thanks for your sharing kak! Aku jadi makin tertarik sama sastra Inggris ini, huaaah!
Padahal sebelumnya aku bingunggg banget aseli, mau Sastra Inggris atau HI. Setelah baca artikel kakak yg ini, aku jadi ngerasa "Wah, asik banget" kuliah di Sast. Inggris. Dan malah jadi ngerasa.. HI kok rada flat? Wkwkwk. Gak denggg.
Bismillaah, kakak bisa, aku pun bisa!

Hanun Nisrina Ardani said...

kakak bisa jadi translator caranya gimana kak?? ada yg nawarin gitu??

Hanun Nisrina Ardani said...

di sastra inggris UGM, ada bahasa lain apa lagi kak selain bahasa inggris? ._. kan klo undip korea jepang prancis.. klo UGM?

Ilham Rifki said...

Saya besok kalo sudah lulus SMA juga mau ambil sastra inggris karena suka banget sama bahasa inggris dari SD.. Dan pelajaran bahasa inggris yg buat saya paling tenang pas baru ada pikiran atau masalah.. Mungkin jadi translator novel enak kali ya kak? *hehe

Teguh Prasetyo said...

Aku sudah pensiun usai jadi wartawan senior dan editor. Selama 30 tahun bekerja pernah juga jadi translator guru bhs Inggris dan bhs Indonesia bwt orang asing. Yg menyenangkan jadi wartwan ya keliling dunia. Pernah wawancara beberapa tokoh dunia dan ikut pertukaran wartawan Asean. Prrnah bekerja di media nasional dan asing. Senengnya ya banyak ketemu presiden dari Soeharto hg SBY dan menteri dari jaman orba dan tranformasi. Setelah pensiun masih bisa kirim artikel dan berita ke media asing. Selama bejerja di beberapa media ya banyak pengalaman dan kenangan . Yg pasti banyak ketemu tokoh politik. Belum lagi selebriti dan public figure. setelah pensiun pun masih banyak yg dikerjakan. kadang masih ada waktu bantu teman jadi media relations atau moderator di perusahaan konsultan komunikasi. Selain itu sekarang rutin masih bisa menerjemahkan usai pensiun. Jangan takut dengan pilihan jurusan sastra Inggris. Akupun lulusan sastra inggris di UI.Tiga puluh tahun yang lalu. Selamat ber studi dan berkarir. From Teguh.

My Story said...

sastra inggris itu haruss dri jurusan ips apa kak? kalau ipa bisa nggak masuk lewatt snmptn?
ini mau penjurusan di sma dan pngen bangett msuk kuliah sastra ingris, minta saran saya masuk ipa atau ips ya?

the photograph

3..2..1...ACTION!!!

3..2..1...ACTION!!!

Bromo.. akhirnya!! Semeruu.. tunggu saiaa!! hehhe..

LOST IN JOURNEY?? hehhe..

kinder von germany

kinder von germany
[kiri-kanan] Ole, Rheinal, Daniel di sebuah taman di Berlin. Ole is Rheinal's best friend in Germany^_^

looking for future^^ *full of imagination*

looking for future^^ *full of imagination*

hahha just paper o' mine^_^

hahha just paper o' mine^_^

i am the star *hahha=p*

i am the star *hahha=p*